Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan dalam pengajaran di mana guru merancang dan menyampaikan materi pelajaran dengan memperhitungkan perbedaan individual. Perbedaan ini meliputi gaya belajar, tingkat kemampuan, minat dan kebutuhan siswa. Tujuan utama dari pembelajaran berdiferensiasi adalah untuk memastikan bahwa setiap siswa memiliki pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga siswa dapat mencapai potensi yang maksimal. Bentuk pembelajaran berdiferensiasi di kelas sendiri mencakup 3 (tiga) jenis yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk.
Meskipun pembelajaran diferensiasi ini bukan hal baru tetapi masih banyak guru yang salah konsepsi dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Oleh karena itu, untuk meminimalisir dan juga menambah pengetahuan para guru SMPN 3 Bantul, sekolah mengadakan workshop Pembelajaran Berdiferensiasi.
Kegiatan workshop Pembelajaran Berdiferensiasi ini dimulai pukul 13.00 WIB dengan narasumber Bapak Dr. Sumaryanta, M.Pd, Ketua Tim Kerja Pembelajaran Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) DIY. Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi dilaksanakan di ruang guru dan diikuti oleh semua guru SMPN 3 Bantul. Kegiatan workshop ini terlaksana atas kerjasama SMPN 3 Bantul dengan BBGP DIY karena selama ini SMPN 3 Bantul menjadi Sekolah Mitra BBGP. Sehingga SMPN 3 Bantul berkesempatan mendatangkan narasumber-narasumber kompeten dari BBGP.
Semoga dengan kegiatan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi ini, para guru semakin paham tentang jenis-jenis pembelajaran diferensiasi dan prosedur implementasi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Pada akhirnya, dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, akan mendorong para siswa dapat berkembang dan mencapai potensinya yang maksimal. Semoga.
Berikut link materi : PPT Pembelajaran Berdiferensiasi
#bbgpdiy #pembelajaranberdiferensiasi #workshop