SMPN 3 Bantul Dorong Pengembangan Potensi Siswa Lewat Program IPTM

SMP N 3 Bantul
0

Dalam rangka mengoptimalkan potensi dan talenta peserta didik, SMP Negeri 3 Bantul turut berpartisipasi dalam kegiatan “Kenali Potensi dengan Identifikasi Potensi Talenta Murid (IPTM)” yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring pada Selasa, 30 September 2025 ini bertujuan memperkenalkan konsep, mekanisme, serta instrumen IPTM kepada satuan pendidikan. Melalui program ini, sekolah dibekali pemahaman tentang strategi mengenali potensi siswa secara lebih terarah, terukur, dan berkelanjutan.


Kepala SMPN 3 Bantul, Joko Sulistya, M.Pd., M.Hum., menyambut baik kegiatan ini dan menegaskan pentingnya peran sekolah dalam mengenali dan mengembangkan potensi peserta didik.

“Setiap anak memiliki potensi dan keunikan yang luar biasa. Tugas sekolah bukan hanya mengajar, tetapi juga menemukan, mengasah, dan mengembangkan potensi itu agar menjadi kekuatan yang bermanfaat bagi masa depan mereka. Melalui program IPTM ini, kami di SMPN 3 Bantul semakin berkomitmen untuk memberi ruang bagi tumbuhnya talenta siswa secara optimal,” ujarnya.

 

Partisipasi SMPN 3 Bantul dalam kegiatan IPTM juga menjadi langkah strategis dalam mewujudkan visi sekolah sebagai “Sekolah Budaya Mendunia”. Sekolah tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga berupaya mengembangkan keunggulan talenta siswa di bidang riset, seni, budaya, olahraga, dan inovasiDengan langkah ini, SMPN 3 Bantul menunjukkan kesungguhannya dalam mencetak generasi yang unggul, percaya diri, dan siap bersaing di tingkat global, sekaligus memastikan setiap peserta didik berkembang sesuai potensi terbaiknya.


#SMPN3Bantul #IPTM #TalentaAnakBangsa #SekolahBudayaMendunia #PendidikanBerkarakter #BPTI #Kemendikdasmen

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top